Deliberatio : Jurnal Mahasiswa Komunikasi
Vol 2 No 2 (2022): Oktober 2022

KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN UNTUK MENARIK MINAT BELI PELANGGAN SELAMA PANDEMI COVID-19 : (Studi Deskriptif Kualitatif Pada La Moringa East Nusa Tenggara Selama Bulan April 2021-Juli 2021)

Delviani, Gabriela Agustina (Unknown)
Mandaru, Silvania S.E. (Unknown)
Tuhana, Veki Edizon (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi pemasaran yang digunakan oleh La Moringa East Nusa Tenggara untuk menarik minat beli pelanggan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui elemen-elemen komunikasi pemasaran yang digunakan La Moringa East Nusa Tenggara dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran agar dapat menarik minat beli pelanggan selama pandemi covid-19, (2) untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran yang digunakan La Moringa East Nusa Tenggara agar dapat menarik minat beli pelanggan selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi deskriptif. Penelitian ini berfokus pada komunikasi pemasaran yang digunakan oleh La Moringa East Nusa Tenggara untuk menarik minat beli pelanggan selama pandemi Covid-19 (April-Juli 2021). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Untuk membantu menjawab rumusan masalah, penelitian ini menggunakan konsep bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) dari Kotler, Keller, Brady, Goodman, Hansen (2019). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) La Moringa menggunakan seluruh elemen-elemen komunikasi pemasaran dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran untuk menarik minat beli pelanggan selama pandemi covid-19, (2) dalam melakukan kegiatan komunikasi pemasaran La Moringa East Nusa tenggara menerapkan 6 (enam) dari 7 (tujuh) bauran pemasaran yaitu product, place, price, promotion, people dan physical evidence untuk menarik minat beli pelanggan selama Pandemi Covid-19 (April-Juli 2021). Dari keenam kegiatan pemasaran yang dilakukan, yang paling menarik minat beli pelanggan adalah promotion.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Deliberatio merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT sejak 2021 dengan ISSN (Printed): 2808-1897 dan ISSN (online-elektronik): 2986-8092. Jurnal ini ditujukan untuk mengembangkan dan ...