Education and Social Sciences Review
Vol 5, No 2 (2024): Education and Social Sciences Review

Strategi efektif meningkatkan literasi sains di era digital

Santosa, I Komang Edi (Unknown)
Suwindia, I Gede (Unknown)
Winangun, I Made Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah membawa dampak signifikan terhadap pendidikan, termasuk literasi sains. Artikel ini mengeksplorasi strategi yang efektif untuk meningkatkan literasi sains di era digital melalui tinjauan pustaka sistematis. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan berbasis teknologi digital, seperti e-Modul interaktif, laboratorium virtual, dan aplikasi simulasi, secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu, integrasi budaya lokal dalam pembelajaran sains memberikan manfaat besar dalam meningkatkan relevansi dan keterlibatan siswa. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital dan kurangnya keterampilan digital guru tetap menjadi hambatan utama. Artikel ini merekomendasikan pelatihan guru yang komprehensif, peningkatan infrastruktur, dan pengembangan konten berbasis bukti untuk mendukung literasi sains di era digital secara inklusif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

essr

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Education and Social Sciences Review ISSN 2720-8915 (Print), ISSN 2720-8923 (Electronic) is an international, peer-reviewed journal and scientific journal publish by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. Educational Opinion and Social Sciences Review a multi-disciplinary, ...