MALIH PEDDAS
Vol 2, No 2/ Desember (2012): malih peddas

HUBUNGAN AKTIVITAS SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS KELOMPOK DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SD

Luthfisari, Dyah (Unknown)
Januar Saputra, Henry (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2014

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas siswa yang pasif dan sikap siswa kurang dalam mengerjakan tugas kelompok yang diberikan oleh guru. Tujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara aktivitas siswa dalam mengerjakan tugas kelompok dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan materi pemerintahan pusat. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Desain penelitian yang yang digunakan adalah pre test, treatment dan post test. Berdasarkan hasil análisis bahwa terdapat hubungan signifikan sebesar thitung= 0,89 selanjutnya dikonsultasikan dengan kriteria pengujian dengan α sebesar 5% dan t table sebesar 0,304. Ternyata pada harga t hitung > t table yaitu 0,89 > 0,304 maka Ha diterima. Dengan persamaan N-gain sebesar 52 % menunjukkan kriteria sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran diskusi kelompok sangat baik terbukti 90% siswa setuju dengan adanya aktivitas pada kegiatan diskusi kelompok.Kata Kunci : aktivitas siswa, hasil belajar, respon siswa

Copyrights © 2012