Nady al-Adab
Vol. 21 No. 3 (2024): Nady al-Adab

Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri Sorong: Implementasi dan Problematikanya

Syarah Yunita (Unknown)
Masrura, Dian (Unknown)
Bayzura, Septika (Unknown)
Saariah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan permasalahan pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum merdeka di MAN Kota Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Kota Sorong dilaksanakan secara bertahap dan mengikuti prosedur kurikulum merdeka. Meskipun masih terdapat kendala dalam prosesnya, guru bahasa Arab di Madrasah berusaha menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajarannya. Permasalahan yang ditemukan dalam penerapan kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurang efektifnya proses pembelajaran yang berdiferensiasi, dan kurangnya pemahaman guru terhadap kurikulum merdeka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka agar dapat mengembangkan pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka dengan lebih baik lagi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

naa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Officially Nady al-Adab: Jurnal Nady al-Adab has partnered with Ittihad Mudarrisii al-Lughah al-'Arabiyyah (IMLA). In each upcoming issue, the manager of the Nadi al-Adab journal is committed to prioritizing articles that discuss language, literature, art and culture studies in an Arabic ...