Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap kemandirian anak melalui kegiatan sehari-hari dimulai dari hal-hal kecil seperti memakai baju sendiri, makan tanpa disuapi, berani mengungkapkan ide, merapikan tempat tidur sendiri, bertanggung jawab terhadap tindakan, percaya diri untuk maju, melakukan kegiatan sendiri tanpa pengawasan orang tua. kemandirian pada anak usia dini ditandai dengan kemampuan anak untuk memilih sendiri, berkreasi, berinisiatif, mengatur tingkah laku, bertanggung jawab, dapat menahan diri, mengambil keputusan sendiri, dan mampu mengatasi masalah tanpa pengaruh dari orang lain. Salah satu kualitas yang harus dimiliki dan tertanam dalam diri anak sejak dini adalah kemandirian. Seorang anak dapat mengembangkan kemandirian di dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan upaya orang tua yang bekerja dalam membantu anak menjadi mandiri melalui kegiatan sehari-hari baik di dalam maupun di luar rumah yang tidak melibatkan orang dewasa. Dengan menggunakan metodologi studi kasus, pendekatan penelitian kualitatif digunakan. Wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Orang tua dan anak-anak yang sekolah di TK Khadijah Wonorejo yang menjadi sumber data dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024