Monerta (Monopoli Teks Berita) merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan aplikasi canva sebagai tempat mendesain papan, kartu, pion, dan buku panduan Monerta. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana media pembelajaran monopoli bekerja dan seberapa efektif media tersebut diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau RD (Reseacrh and Development) dengan model desain ADDIE. Penelitian ini melibatkan subjek atau responden, yaitu peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Hasil penelitian membuktikan bahwa media pembelajaran Monerta berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi media mencapai 96%, validasi materi mencapai 94%, validasi respons peserta didik dalam kelompok kecil mencapai 92%, dan validasi respons peserta didik dalam kelompok besar mencapai 98%. Semua penilaian memasuki kategori sangat baik atau sangat layak.
Copyrights © 2024