PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 3, No 1 Oktober (2014)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL PERMAINAN ULAR TANGGA TK MARTA’USH SHIBYAN SINGOCANDI KUDUS

Marlina, Ririn (Unknown)
., Purwadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di TK Marta’ush Shibyan Singocandi Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Obyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelompok B di TK Marta’ush Shibyan yang berjumlah 21 siswa. Hasil penelitian peningkatan kemampuan berhitung anak telah mencapai indikator keberhasilan dan termasuk dalam kategori baik pada siklus I yaitu dari 21 anak, 53% anak mendapat nilai baik dan pada siklus II hasil peningkatan kemampuan berhitung anak juga mencapai indikator keberhasilan termasuk dalam kategori baik dengan persentase 82% anak yang mendapat nilai baik. Sehingga dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan kemampuan berhitung anak dengan pencapaian nilai yang baik sebesar 29%.Berdasarkan seluruh kegiatan penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif struktural berbantuan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung.Kata kunci : Kemampuan berhitung, Model kooperatif, Permainan ular tangga

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...