PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 4, No 1 Oktober (2015): PAUDIA

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI RUPA ANAK MELALUI TEKNIK MOZAIK PADA KELOMPOK B TK MUSLIMAT NU TLOGOSARI SEMARANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Vatmawati, Desi (Unknown)
., M. Kristanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak usia dini melalui teknik mozaik pada kelompok B TK Muslimat NU Tlogosari Semarang tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini dilaksanakan pada semester I bulan Juli 2015 bertempat di TK Muslimat NU Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 22 anak. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: 1). Membuat perencanaan, 2). Melakukan tindakan, 3). Mengadakan pengamatan terhadap tindakan, 4). Merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3kali pertemuan.Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah kegiatan teknik mozaik terhadap kreativitas seni rupa anak, yaitu 50% pada siklus I dan 86% pada siklus II (indikator kinerja tercapai). Dapat disimpulkan bahwa “Kegiatan Teknik Mozaik Dapat Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Pada Kelompok B TK Muslimat NU Semarang Tahun Ajaran 2015/2016”. Saran yang hendak peneliti sampaikan, sebaiknya pendidikan dapat menggunakan kegiatan teknik mozaik untuk meningkatkan kreativitas seni rupa anak. Sehingga target pembelajaran tercapai.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...