PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 4, No 1 Oktober (2015): PAUDIA

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA FLASH PROFESSIONAL PADA ANAK KELOMPOK PLAYGROUP PAUD PELITA HATI KEDUNGJATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Luthfiatulbana, Aulia (Unknown)
Karmila, Mila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan menyimak bagi anak, baik dilingkungan sekolah maupun di masyarakat. Kurangnya kemampuan menyimak akan menghambat perkembangan anak dalam berkomunikasi. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui media flash professional? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok playgroup PAUD Pelita Hati Kedungjati Tahun Ajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan kegiatan menyimak, peningkatan rata-rata kemampuan menyimak pada kelompok playgroup PAUD Pelita Hati Kedungjati Tahun Ajaran 2015/2016 dari sebelum pelaksanaan siklus adalah sebesar 11%, dan sesudah dilakukan percobaan atau pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 39%, dan dilakukan lagi percobaan siklus yang kedua maka dihasilkan peningkatan kemampuan menyimak menjadi 78%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa “menggunakan media flash professional dapat meningkatkan kemampuan pada anak kelompok playgroup PAUD Pelita Hati Kedungjati Tahun Ajaran 2015/2016”.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...