PEDAGOGIKA
Vol 15 No 2 (2024): Vol 15 No 2 (2024): Oktober

Analisis Kemampuan Guru dalam Bidang Kompetensi Pedagogik pada Pelaksanaan Pembelajaran di SMK

Rizky, Fahmi Muhamad (Unknown)
Raynaldi, Rizki (Unknown)
Mahmuda, Afghani (Unknown)
Malihah, Elly (Unknown)
Andari, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran. Perkembangan zaman menuntut seorang guru untuk mengelola pembelajaran dengan mengembangkan kompetensi pedagogik untuk menunjang profesionalitas sebagai seorang pendidik. Kompetensi pedagogik seorang pendidik menjadi elemen penting dalam ketercapaian tujuan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan, proses, serta evaluasi pada pembelajaran siswa SMK Bidang Keahlian Kuliner, dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan, proses, serta evaluasi pada pembelajaran siswa SMK Bidang Keahlian Kuliner. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru telah memiliki kompetensi pedagogik dengan baik. Sehingga proses ketercapaian tujuan pendidikan melalui kompetensi pedagogik sangat penting karena memuta perencanaan, proses, serta evaluasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...