Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan
Vol 7, No 2 (2024): DESEMBER

OPTIMALISASI PRAKTIKUM ERP-ODOO DI SMK : KETERAMPILAN DIGITAL MENUJU ERA INDUSTRI 4.0

Amrina, Uly (Unknown)
Roswandi, Iwan (Unknown)
Widyanty, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini berfokus pada kebutuhan peningkatan keterampilan teknologi siswa SMK Satria Jakarta dalam menghadapi tantangan industri 4.0, khususnya dalam penguasaan sistem informasi berbasis ERP-Odoo. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis kepada siswa dan guru melalui penerapan praktikum ERP-Odoo. Metode yang digunakan meliputi tiga tahapan: seminar pengenalan ERP-Odoo, pelatihan praktis penggunaan Odoo, dan evaluasi keterampilan melalui pre-test dan post-test. Hasil dari program menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan siswa serta guru dalam menggunakan Odoo secara mandiri, dengan nilai rata-rata pre test adalah 83 dan post test adalah 97, serta penyelesaian praktikum per modul dalam waktu rata-rata 20 menit. Selain itu, luaran dari kegiatan ini mencakup buku panduan praktikum dan video pembelajaran yang mendukung keberlanjutan program. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan praktikum ERP-Odoo tidak hanya meningkatkan keterampilan siswa, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja yang semakin digital dan terintegrasi teknologi. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan kurikulum berbasis teknologi di SMK dan mendorong kerjasama berkelanjutan antara institusi pendidikan dan industri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kewirausahaan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal accepts articles based on research and also community service about entrepreneurship with various fields such as Application and game development, product design, fashion, film, video animation, handicrafts, culinary, music, performing arts, fine arts and television / ...