cover
Contact Name
Rani Anggraeni
Contact Email
rani.anggraeni34@gmail.com
Phone
+6285710021009
Journal Mail Official
lppmsahid21@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. DR. Soepomo No.84, RT.7/RW.1, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan
ISSN : -     EISSN : 2620942X     DOI : https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v3i2
The journal accepts articles based on research and also community service about entrepreneurship with various fields such as Application and game development, product design, fashion, film, video animation, handicrafts, culinary, music, performing arts, fine arts and television / radio
Articles 298 Documents
ANALISIS PENENTUAN PENDAPATAN LABA PADA USAHA DAUR ULANG LIMBAH AN ORGANIK PADA BANK SAMPAH Lindawati, Lindawati; Anggraini, Anggun; Indawati, Indawati; Putri, Wulandari Cahyani; HS, Alicia
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 2, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v2i2.61

Abstract

Tujuan dari PKM ini adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa ekspositori yaitu penyampaian materi secara verbal dan inquiry yaitu pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis terkait kelimuan akuntansi dan manajemen pemasaran dengan pemahaman mendalam terkait materi bagaimana menentukan masa depan. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan bagi para anggota dan ketua Bank Sampah Griya Asri Pamulang, terutama dilihat dari segi menghitung nilai pendapatan dimulai dari menghitung biaya produksi sampai dengan harga pokok dari produk tersebut, selain itu dari memanfaatkan limbah sampah tersebut, diharapkan mereka lebih bisa mengubah paradigma masyarakat untuk memaknai sampah sebagai sesuatu yang mempunyai nilai untuk dimanfaatkan kembali sekaligus mengurangi jumlah sampah nasional. Pada bank sampah, sampah organik akan didaur ulang menjadi kompos. Sementara sampah non-organik akan diolah kembali agar bisa bermanfaat secara ekonomis. Pembangunan bank sampah, juga dapat menjadi momentum untuk membina kesadaran kolektif masyarakat untuk memulai memilah, mendaur ulang, dan memanfaatkan sampah, karena sampah ternyata mempunyai nilai jual yang cukup baik.
PEMASARAN PARIWISATA MELALUI KEMASAN PRODUK UKM STANDING POUCH BERBAHAN PAPER METAL DI ERA EKONOMI KREATIF Widyamurti, Nidyah
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v1i1.45

Abstract

Berdasarkan pertimbangan pada kemudahan produksi, perlindungan atas produk, daya tarik visual, dan sebagainya, kemasan standing pouch berbahan paper metal diminati UKM untuk mengemas produknya. Kemasan standing pouch adalah kemasan yang terbuat dari bahan kertas cetak yang dilapisi plastik metalize atau alumunium foil di bagian dalamnya.Kemasan ini tidak hanya bersifat melindungi produk dalam rantai distribusi hingga sampai ke tangan konsumen,tetapi mampu menjadi daya dukung utama dalam pemasaran produk ketika produk didisplay di suatu toko, serta efektif sebagai media promosi pariwisata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengkaji jenis kemasan dan daya tarik desain grafis bagi konsumen, terutama sebagai media promosi pariwisata. Metode penelitian adalah Studi Kasus. Penelitian dilakukan dengan latar alamiah, holistik, dan mendalam yang dianalisis dengan menggunakan Trianggulasi Data. Hasil penelitian ini berupa konsep desain kemasan jenis standing pouch berbahan paper metalyang tepat untuk mendukung pemasaran produk UKM dan kepariwisataan di era ekonomi kreatif saat ini.
PENGARUH DAMPAK APLIKASI, KEMUDAHAN INFORMASI, DAN KEMUDAHAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK GOPAY DALAM BERTRANSAKSI DI UMKM CBD JAKARTA Prabawanti, Benedicta Evienia; Sitanggang, Marsiana Luciana; Tarigan, Thia Margaretha
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 2, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v2i2.56

Abstract

Artikel ini ingin melihat pengaruh dampak aplikasi, kemudahan informasi dan kemudahan aplikasi gopay dalam keputusan penggunaannya dalam bertransaksi. Gopay merupakan salah satu alat pembayaran berupa uang tapi jenisnya virtual. Artikel ini memuat hasil penelitian yang mengambil 100 responden, responden tersebut adalah pembeli makanan yang transaksi pembayarannya dilakukan menggunakan uang elektronik gopay. Dari hasil pengolahan data hasil kuesioner, ternyata dampak aplikasi dan kemudahan aplikasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan uang elektronik gopay, sdangkan kemudahan informasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan uang elektronik. kesimpulan ini dapat dilihat dari nilai t statistic dan p value yang dihasilkan dari pengolahan data menggunakan software pls untuk setiap hipotesis.
RAMAH LINGKUNGAN SEKOLAH DESA RENGASDENGKLOK SELATAN, KARAWANG, JAWA BARAT Abadi, Ferryal; Nurjanah, Siti
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 3, No 2 (2020): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v3i2.72

Abstract

Desa Rengasdengklok Selatan merupakan salah satu desa bersejarah dalam proses kemerdekaan yang berlokasi di Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Desa ini dekat dekat Sungai CItarum. Sebagai salah satu Desa yang mempunyai objek wisata bersejarah kondisi masyarakatnya dalam menjaga kebersihan sangat rendah sehingga banyak sampah berserakan disekitar tempat wisata. Karena itu dalam rangka penyadaran kepada msyarakat kegiatan PKM ini ditujukan kepada siswa Sekolah Dasar sebagai penyadaran sejak dini akan kebersihan lingkungan dari lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilakukan secara penyuluhan. Target luarannya yang dicapai kegiatan ini adalah pengetahuan siswa dan kesadaran siswa akan pentingnya kebersihan.
KAJIAN PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAHAN IKAN ASAP DI KABUPATEN KENDAL MELALUI PENERAPAN GMP (Good Manufacturing Practice) Sandrasari, Diny A; Kholil, Kholil; Utomo, Laksanto
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2018): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v1i2.130

Abstract

Kabupaten Kendal merupakan salah satu daerah yang mempunyai industry rumah tangga ikan asap. Ikan asap yang dihasilkan mempunyai kualitas yang rendah sehingga belum mampu bersaing dengan produk sejenis yang dihasilkan dari daerah lain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses produksi ikan asap dan mengkaji penerapan GMP (Good Manufacturing Practice) pada industri rumahan ikan asap tersebut. Metode yang dilakukan adalah metode survey pada industri rumahan ikan asap di desa Tambak Sari, Kabupaten Kendal dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses pengolahan ikan asap masih bersifat tradisonal dengan peralatan sederhana, teknologi masih bersifat turun temurun, mutu bahan baku rendah, serta kurang memperhatikan aspek sanitasi dan hygienis sehingga berpeluang terjadinya kontaminasi. Selain itu, infrastruktur yang dimiliki sangat minim, keamanan produk yang tidak terjamin, dan pengelolaan usaha masih bersifat kekeluargaan dengan tingkat kemampuan manajemen yang kurang baik. Penerapan GMP perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk ikan asap agar mampu bersaing di pasaran dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat daerah Kabupaten Kendal.
PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN MANAJEMEN KEUANGAN BAGI KELOMPOK PKK RW 01 CIPAYUNG JAYA DEPOK 1 Wahyudi, Dedy; Wahyuni, Ester Dwi; Apriyanto, Apriyanto
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 2, No 1 (2019): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v2i1.219

Abstract

Kelompok PKK RW 01 Cipayung Jaya Depok 1 merupakan kumpulan ibu-ibu rumah tangga, yang selain mengisi kegiatan sehari-harinya dengan melakukan kegiatan PKK tugas utamanya sebagai istri adalah mengelola semua pendapatan/penerimaan baik penerimaan rutin maupun tidak rutin dan pengeluaran rutin maupun pengeluaran tidak rutin sehari-hari untuk keperluan keluarganya. Masalah ibu-ibu kelompok PKK RW 01 Cipayung Jaya Depok 1 yang selalu dibicarakan adalah adanya pos-pos yang over budget sehingga terjadi defisit keuangan pada akhir bulan atau adanya kebutuhan yang tidak terpenuhi. Kondisi ini jika tidak diperbaiki akan mengakibatkan kegagalan dalam menjamin keamanan dan kestabilan kehidupan keluarga. Oleh karena itu perlu diupayakan untuk selalu bersikap bijaksana dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada mitra sasaran yaitu ibu-ibu PKK RW 01 Cipayung Depok 1 tentang cara mengelola keuangan keluarga yang tepat melalui pelatihan dan pendampingan Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tutorial, curah pendapat dan diskusi. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan mitra dapat menyusun anggaran keluarga berdasarkan penghasilannya dan pengeluaran yang ditentukan dengan skala prioritas. Output yang diharapkan dari pelatihan ini adalah agar mitra termotivasi untuk menabung demi kesejahteraan keluarga yang lebih baik dan untuk bekal di masa depan.
PENGUATAN DIRI DAN DUKUNGAN MENTAL SERTA BANTUAN SOSIAL KEPADA MASYARAKAT DESA GROGOL YANG TERDAMPAK WABAH PANDEMI VIRUS CORONA (COVID-19) Tripariyanto, Afiff Yudha; Indrasari, Lolyka Dewi; Komari, Ana; Rahayuningsih, Sri; Safi’I, Imam; Rushanti, Silvi
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 3, No 1 (2020): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v3i1.67

Abstract

Desa Grogol adalah salah satu desa yang berada pada wilayah kecamatan Grogol kabupaten Kediri. Dengan munculnya dampak pandemic Virus Corona yang masuk ke Indonesia terutama di desa Grogol banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan tentang ekonomi keluarganya masing-masing. Karena banyak sekali keluhan keluhan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Grogol tersebut,terutama masalah bantuan yang saat ini sangat diharapkan oleh masyarakat banyak. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini banyak memberikan penguatan-penguatan mental dengan memberikan penjelasan tentang apa itu Covid-19 dan bagaimana cara penularan dan pencegahanya dari edukasi tersebut masyarakat akan lebih memahami dan tidak panic terlebih dahulu sehingga imunitas masyarakat cenderung lebih stabil dalam menghadapi pandemic virus covid-19 tersebut.selain itu juga ada sedikit pemberian bantuan sosial kepada masyarakat desa grogol berupa bantuan sembako dan alat APD standard yaitu Masker,Hand sanitayser sehingga dengan adanya bantuan tersebut sedikit meringankan beban masyarakat desa Grogol.
VERTIKULTUR SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER PANGAN SAYURAN BAGI WIRAUSAHA KELOMPOK TANI DI JAKARTA TIMUR Situmorang, Marningot Tua Natalis
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v1i1.93

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penyuluhan dan pengetahuan tentang vertikultur terhadap perilaku bertani vertikultur.Penelitian ini dilakukan pada ibu-ibu anggota kelompok tani di Jakarta Timur bulan maret tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain factorial 2x2, sampel penelitian sebanyak 60 orang, yang terdiri atas kategori pengetahuan tinggi dan rendah. Kedua kategori ini dikenai perlakuan penyuluhan metode demplot dan metode ceramah. Instrument pengumpulan data terdiri dari kuesioner berupa tes pengetahuan tentang pertanian vertikultur untuk menentukan kategori responden, dan kuesioner berupa angket guna mendapatkan data untuk pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Anava dan dilanjutkan dengan uji Tuckey. Hasil penelitian ini adalah metode demplot yaitu sebuah metode penyuluhan yang terbaik dalam upaya meningkatkan perilaku ibu-ibu rumah tangga dalam melaksanakan kegiatan bertani vertikultur.
ANALISIS KESADARAN WAJIB PAJAK DALAM TRANSAKSI ECOMMERCE (STUDI KASUS WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (WPOP) YANG MERUPAKAN PELAKU E-COMMERCE DI KOTA DKI JAKARTA Jamain, Tries Handriman
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 2, No 2 (2019): DECEMBER
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v2i2.62

Abstract

Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. Melihat pertumbuhan e-Commerce yang meningkat tajam tentunya hal tersebut merupakan peluang besar Indonesia untuk meningkatkan penghasilan negara terutama dibagian perpajakan. Para pelaku eCommerce tentunya diwajibkan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) atas transaksi e-Commerce yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Kesadaran Wajib Pajak pada orang pribadi dalam Transaksi E-Commerce pada wajiba pajak orang pribadi yang ada di Kantor pajak Jakrat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer, dimana data diperoleh dengan secara langsung turun kelapangan dari sumbernya dan jenis data ini memerlukan pengolahan yang lebih lanjut. Seluruh Wajib Pajak orang pribadi yang merupakan pelaku e-Commerce di Kota DKI Jakarta yang diperkirakan sejumlah lebih dari 1.000 Orang Pribadi akan dijadikan populasi didalam penelitian ini. Hasil penelitian bahwa tingkat Kesadaran Pelaku E-Commerce yang Rendah Selaku Wajib Pajak berpengaruh signifikan terhadap penghambat pengenaan pajak penghasilan karena didapat tingkat signifikan
KUASA BAJU BEKAS: KODE KULTURAL FESYEN BAJU BEKAS DALAM RANAH INDUSTRI KREATIF Setyaningsih, Ayuni; Bahari, Nooryan; Ardiyanto, Deny Tri
Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2018): JUNE
Publisher : Universitas Sahid

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36441/kewirausahaan.v1i1.48

Abstract

Fesyen baju bekas menawarkan wilayah kajian yang di dalamnya terdapat tanda, kode, makna. Tulisan ini bertujuan untuk meneliti adanya tanda, pesan, dan makna yang berada dalam baju bekas koleksi Le Budget. Objek kajian baju bekas dibedah dengan menggunakan pendekatan semiotika untuk analisis pemakaian tanda dan maknanya. Teori semiotika digunakan sebagai analisis penelitian untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasi bentuk-bentuk tanda pada baju bekas ke dalam tanda tipe ikon, indeks, dan simbol. Melalui analisis bentuk-bentuk tanda pada baju bekas ditemukan kode-kode kultural dan makna yang dikonstruksi. Hal ini menjadi penting karena dalam era industri kreatif ini, fesyen baju bekas Le Budget telah membentuk subkultur anak muda yang dapat menjadi budaya tanding terhadap budaya besar.

Page 1 of 30 | Total Record : 298


Filter by Year

2018 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan JUNE 2025 Vol 7 No 2 (2024): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan DESEMBER 2024 Vol 7 No 1 (2024): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan JUNE 2024 Vol 7, No 2 (2024): DESEMBER Vol 7, No 1 (2024): JUNE Vol 6 No 2 (2023): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan DESEMBER 2023 Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan JUNE 2023 Vol 6, No 2 (2023): DESEMBER Vol 6, No 1 (2023): JUNE Vol 5 No 2 (2022): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan DECEMBER 2022 Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan JUNE 2022 Vol 5, No 2 (2022): DECEMBER Vol 5, No 1 (2022): JUNE Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan DECEMBER 2021 Vol 4 No 1 (2021): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan JUNE 2021 Vol 4, No 2 (2021): DECEMBER Vol 4, No 1 (2021): JUNE Vol 3 No 2 (2020): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan DECEMBER 2020 Vol 3 No 1 (2020): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan JUNE 2020 Vol 3, No 2 (2020): DECEMBER Vol 3, No 1 (2020): JUNE Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan DECEMBER 2019 Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan JUNE 2019 Vol 2, No 2 (2019): DECEMBER Vol 2, No 1 (2019): JUNE Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan DECEMBER 2018 Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan JUNE 2018 Vol 1, No 2 (2018): DECEMBER Vol 1, No 1 (2018): JUNE More Issue