Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengimplementasian strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball dapat berperan aktif di dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dan meningkatkan hasil belajar mereka di dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq materi Tawakkal pada Kelas VII MTs Swasta IRA Medan. Di dalam penelitian ini pula, diharapkan agar strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball dapat memberikan pengaruh positif pada peserta didik Kelas VII di MTs Swasta IRA Medan agar mereka menjadi lebih semangat dan antusias setelah pengimplementasian strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball ini. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif fenomenalogis dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, untuk teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Serta, untuk teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, analisis kasus negatif, dan triangulasi. Di dalam penelitian ini, peserta didik Kelas VII di MTs Swasta IRA Medan diarahkan sekaligus dibimbing selama proses pembelajaran mapel Aqidah Akhlaq materi Tawakkal diikuti dengan pengimplementasian strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball. Temuan dan pembahasan yang diperoleh pada penelitian ini adalah bahwasanya pengimplementasian strategi pembelajaran Snowball Throwing/Snowball pada mapel Aqidah Akhlaq Kelas VII di MTs Swasta IRA Medan telah berperan aktif di dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dan meningkatkan hasil belajar mereka di dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq materi Tawakkal, meliputi semangat, baik dan menyenangkan, efektif, menumbuhkan motivasi, dan dapat meningkatkan pemahaman. Sehingga, hal ini telah terbukti menimbulkan dampak positif pada peserta didik Kelas VII di MTs Swasta IRA Medan.
Copyrights © 2025