Proceedings Series of Educational Studies
2024: The 3rd International Conference on Educational Management and Technology (ICEMT) 2024

Peranan Guru Ppkn Dalam Membina Karakter Religius Siswa di SMPN 42 Padang

Hidayad, Rahmat (Unknown)
Sundawa, Dadang (Unknown)
Mahpudz, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran karakter religius pada siswa di SMPN 42 Padang, serta untuk mengetahui apa saja peranan guru PPKn dalam membina karakter religius siswa SMPN 42 Padang tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik pemilihan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 3 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMPN 42 Padang yaitu guru PPKN di SMPN 42 Padang sudah membimbing peserta didiknya untuk menjalani kegiatan sehari-hari dengan menerapkan nilai-nilai keagamaan seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, membaca al-quran sebelum belajar, melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, melaksanakan shalat sunat dhuha, mengadakan muhadharah setiap Hari Jumat, ikut merayakan hari besar keagamaan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...