Proceedings Series of Educational Studies
2024: Seminar Nasional dan Prosiding PGSD FIP UM 2024 "Transformasi Paradigma Pendidikan Dasar: Pelu

Efektivitas Media Interaktif Berbasis Canva untuk Melatih Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Materi Geometri

Halimah, Ernik Nur (Unknown)
Sari, Arinda Puspita (Unknown)
Herlina, Lutfi (Unknown)
Rofiki, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul Efektivitas Media Interaktif Berbasis Canva untuk Melatih Berpikir Kritis Siswa pada Materi Geometri. Tujuannya adalah untuk mengukur efektivitas penggunaan media interaktif berbasis Canva dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan model 4D yang meliputi tahapan define, design, develop, dan disseminate. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SD Anak Saleh dengan subjek siswa kelas 2, menggunakan desain one group pretest-posttest pada materi geometri. Pengumpulan data dilakukan melalui tes berpikir kritis sebelum dan sesudah penerapan media interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penggunaan media interaktif berbasis Canva dengan rerata skor N-gain 0,83 dengan kriteria tinggi. Dengan demikian, media ini efektif dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada materi geometri di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...