Skill stimulasi mahasiswa dalam perkembangan kognitif sains anak usia dini memiliki kekurangan yang perlu dibenahi, sebanyak 85% mahasiswa menyatakan bahwa materi yang diajarkan dalam mata kuliah cenderung terlalu bersifat teoritis dan sebanyak 73% mahasiswa kesulitan menerapkan teori. Selain itu, bahan ajar yang digunakan juga terbatas. Sehingga mahasiswa mengaplikasikan konsep teoritis ke dalam praktik. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah sebuah metode pembelajaran yang lebih konsektual dan interaktif bagi mahasiswa calon guru PAUD dalam mengembangkan skill stimulasi perkembangan kognitif sains anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengembangkan materi perkembangan kognitif sains AUD yang memenuhi kriteria kelayakan. 2) Mengembangkan Video Based Assisted-Simulation (VBAS) untuk mengemas materi perkembangan kognitif sains anak usia dini yang memenuhi kriteria kelayakan. Metode penelitian RnD Dick dan Carey digunakan untuk mengembangkan program baru yang bertujuan meningkatkan skill stimulasi mahasiswa pada perkembangan kognitif sains anak usia dini. Langkah-langkahnya meliputi identifikasi kebutuhan, pengembangan desain awal, validasi oleh ahli, uji coba awal, revisi, implementasi, evaluasi, dan revisi lanjutan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif presentase. Berdasarkan hasil uji validitas ahli menunjukkan bahwa pengembangan Video Based Assisted-Simulation (VBAS) dikatakan valid. Hal ini dibuktikan Hal ini dibuktikan dengan rata-rata validasi ahli media sebesar 91,6%, rata-rata validasi ahli materi sebesar 85%, dan rata-rata ahli desain pembelajaran sebesar 90,83%. Selanjutnya penerapan VBAS dilakukan uji praktikalitas yang menghasilkan tingkat kepraktisan sebesar 89,12%. Hal ini menunjukkan bahwa VBAS valid digunakan sebagai platform pembelajaran interaktif yang efektif dan inovatif. VBAS memungkinkan mahasiswa terlibat dalam skenario dunia nyata secara virtual, memberi mereka kesempatan untuk memahami teori perkembangan kognitif sains pada anak usia dini dan merancang strategi stimulasi yang tepat.
Copyrights © 2024