Tujuan dari penelitian ini adalah untuk berupaya menanamkan nilai-nilai karakter religius guna melindungi siswa dari terjerumus dalam perilaku asusila dengan melaksanakan kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan di salah satu SMP tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP YMIK memiliki program keagamaan mulai dari kegiatan harian, mingguan dan bulanan. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan shalat berjamaah, tadarus, tahsin, kegiatan putri, serta kegiatan untuk merayakan hari besar Islam, serta pondok pesantren Ramadhan. Program keagamaan memberikan efektivitas terhadap karakter keagamaan siswa, terbukti dari hasil observasi dan penilaian bahwa siswa di SMP YMIK memiliki karakter keagamaan yang baik. Faktor pendukung penerapan nilai karakter meliputi pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas, kesadaran siswa yang tinggi, dan dukungan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam penerapannya meliputi lingkungan di rumah yang kurang mendukung, pengaruh buruk media sosial, dan rendahnya kemampuan membaca Al Quran.
Copyrights © 2024