Projek IPA IPS merupakan mata pelajaran baru yang muncul pada kurikulum merdeka. Dalam mata pelajaran projek  IPA IPS yang kemudian disingkat menjadi projek IPAS, merupakan gabungan dari mata pelajaran IPA dan IPS. IPA dan IPS merupakan cabang ilmu yang memiliki peran dalam kehidupan, khususnya dalam bidang STM (Sains, Teknologi dan Masyarakat). Salah satu model pembelajaran yang  mampu mendorong peserta didik memahami dan meningkatkan pengetahuan pembelajaran adalah model pembelajaran berbasis proyek, yang biasa disebut  project based learning (PjBL).. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kreativitas peserta didik dalam pembelajaran projek IPAS. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen, menggunakan teknik posttest only control design. Populasi penelitian yakni peserta didik kelas X Teknik Kimia Industri 1 (X TKI 1) sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X Teknik Kimia Industri 2 (X TKI 2) sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap kreativitas peserta didik dalam penguasaan materi zat dan perubahannya dalam mata Pelajaran projek IPAS hasil signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025