E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 3: September-Desember 2024

PELATIHAN ASESMEN PERKEMBANGAN PADA GURU DALAM MENGIDENTIFIKASI KESIAPAN BERSEKOLAH DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MIMBAR

Putri, Rukiana Novianti (Unknown)
Wajdi, Muhammad (Unknown)
Nurani, Pertiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

TK Aisyiyah Bustanul Athfal Cabang Mimbar Makassar, merupakan salah satu sekolah yang lulus dalam program Sekolah Penggerak (PSP) jenjang PAUD yang saat ini telah melakukan penyesuaian kurikulum dengan penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum pembelajaran intrakurikuler yang beragam untuk memberikan keleluasaan kepada pendidik dalam menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pembelajaran projek dimana kegiatan dilakukan secara terstruktur diawali dengan analisis kebutuhan pelatihan melalui FGD, pelaksanaan pelatihan dan penyusunan laporan. Terdiri dari empat tahap, yaitu: Kegiatan pembelajaran langsung menggunakan metode ceramah, diskusi, role play; Mengembangkan keterampilan membuat form asesmen; Kegiatan praktik; dan Menyusun modul pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikannya kegiatan dimana nilai taraf signifikansi p = 0,009 < 0,05. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada guru dalam penguasaan materi pelatihan memahami kesiapan bersekolah peserta didik. Terdapat pula peningkatan pada keterampilan guru dalam menyusun modul asesmen dan melakukan praktik asesmen pada peserta didik sebelum dan sesuai diberikan pelatihan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Amal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, with registered number ISSN 2774-8316 (print), ISSN 2775-0302 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) STP Mataram. It is in the ...