Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 1 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Sipoe Book Berbasis Augmented Reality Meningkatkan Self Regulated Learning Dan Literasi Sains Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Sisiliafani Azizah, Kiky (Unknown)
Fatih, Mohammad (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar SIPOE Book ( Solar System Pop Up Education) berbasis augmented reality materi sistem tata surya meningkatkan self regulated learning dan literasi sains siswa Kelas VI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah pengembangan model ASSURE. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa skor kevalidan oleh ahli media mencapai 91.6%, ahli materi memberikan skor sebesar 100%, dan ahli bahasa mencapai 96.4% ketiganya dikategorikan sangat valid. Selain itu, respon guru terhadap kelayakan mencapai 100%, dengan kategori sangat layak. Respon siswa berupa angket dan tes, mendapat hasil yakni terdapat pengaruh signifikan meningkatkan self regulated learning dan literasi sains pada kategori sedang berdasarkan rata-rata skor N-gain 0,365 dan 0.498, dan hasil uji manova Tests of Between-Subjects Effects, menunjukkan nilai signifikansi variabel self regulated learning yaitu 0,000 dan variabel literasi sains yaitu 0,000. Kedua variabel memiliki nilai sig. lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...