Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an
Vol. 12 No. 1 (2025): ELEMENTARY SCHOOL (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an)

Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Supervisi Kelas Dalam Proses Pembelajaran Di SD Muhammadiyah Jatiyoso

Widyastuti (Unknown)
Widianti, Agustina (Unknown)
Sulistyaningsih, Dyah (Unknown)
Sutopo, Anam (Unknown)
Narimo, Sabar (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Rendahnya kinerja guru dalam proses pembelajaran berdampak signifikan pada kualitas pendidikan yang diterima siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah, mengidentifikasi upaya yang dilakukan guru dan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta menganalisis hasil dari penerapan supervisi kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Penelitian ini melibatkan partisipasi aktif guru, kepala sekolah dan pihak sekolah dalam rangka mendpatkan pemahaman mendalam mengenai implementasi supervisi kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kelas secara sistematis dan kolaboratif berhasil meningkatkan kinerja guru. Berbagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang teridentifikasi mencakup peningkatan proses pembelajaran, penilaian dan kedisiplinan guru dalam melaksanakan.  Penelitian ini menegaskan bahwa kinerja guru merupakan faktor kunci meningkatkan mutu pendidikan, dan upaya perbaikan harus berfokus pada pengembangan profesionalme serta dukungan dari pihak sekolah untuk mencapai hasil yang optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

es

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an published scientific paper of the research result and literature review in the scope of elementary education and learning. Elementary School : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran ke-SD-an publishes scientific writings from the literature ...