Sekolah Indonesia Davao (SID) awalnya hanya diperuntukan bagi home staff Konsulat Jenderal Davao City, namun kini dapat dimanfaatkan juga oleh seluruh warga Indonesia yang menetap di Mindanao, Filipina, khususnya warga keturunan Indonesia yang masuk secara illegal di Filipina. Permasalahan besar yang dihadapi oleh warga keturunan Indonesia yang telah menetap selama beberapa generasi di Filipina adalah minimnya literasi kebangsaan dan kemampuan berbahasa disebabkan kurangnya partisipasi orangtua dalam menerapkan penggunaan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari termasuk pengetahuan mengenai bangsa dan budaya Indonesia. Kebanyakan masyarakat keturunan tersebut tinggal di daerah terpencil, sulit dijangkau dan berada di bawah garis kemiskinan. Situasi tersebut mendorong Universitas Bhayangkara Jakarta Raya bekerjasama dengan Sekolah Indonesia Davao (SID) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Collaborative Storytelling bagi Siswa di Sekolah Indonesia Davao guna mendukung Program Indonesianisasi Anak Indonesia. Tujuan: meningkatkan literasi kebangsaan dan bahasa anak keturunan Indonesia khususnya di wiayah Mindanao. Metode: diterapkan dalam tiga bentuk yaitu literasi, tradisi lisan, dan literasi warisan budaya. Sasaran kegiatannya adalah siswa seluruh kelas di SID. Rekomendasi: diperlukan usaha untuk mempercepat praktik Bahasa Indonesia dengan cara yang menyenangkan di Sekolah Indonesia Davao, memotivasi agar anak mau belajar di Indonesia dan mengenal tentang Indonesia dengan lebih baik.
Copyrights © 2024