AI (Artificial Intelegence) suatu teknologi yang dirancang serupa dengan intelektual manusia dikhususkan untuk memecahkan masalah yang sifatnya kognitif, pemecahan masalah, logika, pengambilan keputusan. Tujuan pengabdian: (1) Menganalisis kemampuan awal calon guru SD/MI dalam memahami media inovatif berbasis AI sebelum pendampingan, (2) Mendeskripsikan bentuk pendampingan pembuatan media inovatif berbasis AI yang dilakukan, (3) Membantu memberikan kontribusi bagi PTN dan PTS dalam Mengembangkan Literacy Digital Mahasiswa Calon Guru SD/MI di Aceh. Pendekatan penelitian menerapkan Participatory Action Research (PAR). Ada 3 tahap Pelaksanaan pengabdian yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan dan 3) evaluasi, Hasil Pengabdian menunjukkan; 1) Gambaran kemampuan awal mahasiswa calon guru SD/MI di Aceh dalam memahami media inovatif berbasis AI: mahasiswa mengalami kesulitan pada pembuatan media pembelajaran ppt interaktif, realitas virtual dan chatboot, video dan games menarik; 2) proses pelatihan peserta akan diberikan materi yang memadai sebagai pengenalan topik yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung menggunakan perangkat AI. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan konsep tentang materi yang mudah dipahami peserta, sehingga memudahkan proses praktik pembuatan media inovatif; 3) mahasiswa termotivasi dan antusias dalam menghasilkan produk media inovatif AI dengan skor 4,2 kategori terlibat aktif sehingga kegiatan ini memberi dampak positif dari aspek memotivasi peserta. Responden terlibat secara aktif dalam pelatihan ini, peserta sangat antusias dalam menyelesaikan produk baik berupa media pembelajaran dan perangkat pembelajaran, proses pelatihan peserta akan diberikan materi yang memadai sebagai pengenalan topik yang kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung menggunakan perangkat AI. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan konsep tentang teori dengan Bahasa yang mudah dipahami peserta, sehingga memudahkan proses praktik pembuatan media inovatif. Kemudian pemateri mensimulasikan contoh pembuatan media inovatif dan membimbing teknis pembuatan media inovatif berbasis AI dalam pembelajaran
Copyrights © 2024