Pendidikan keluarga merupakan upaya yang dilakukan orang tua berupa pembiasaan dan improvisasi untuk membantu perkembangan pribadi anak. Pendidikan keluarga bukan sekedar proses, tetapi juga praktik dan pelaksanaan pendidikan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pemberdayaan dan penguatan pendidikan anak dalam keluarga di Kelurahan Folarora dan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika yang dihadapi masyarakat di Kelurahan Folarora terkait dengan pemberdayaan dan penguatan pendidikan anak dalam keluarga. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang berorientasi pemberdayaan ini harus memenuhi unsur-unsur pemberdayaan. Hasil Kegiatan PKM "Pemberdayaan dan Penguatan Pendidikan Anak Dalam Keluarga di Kelurahan Folarora" menunjukkan beberapa temuan penting. Pertama, peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang pemberdayaan dan penguatan pendidikan anak dalam keluarga. Ibu-ibu anggota majelis ta'lim menunjukkan peningkatan kesadaran tentang pentingnya peran mereka sebagai pendidik utama dalam keluarga dan terjadi perubahan pemahaman tentang konsep "Al-ummu madrasatul 'ula" (ibu sebagai sekolah pertama). Kedua, peningkatan pengetahuan dalam menghadapai problematika yang dihadapi pendidikan anak dalam keluarga mencakup beberapa aspek yang saling terkait dan peserta juga memperoleh peningkatan keterampilan dalam menerapkan pola asuh islami dan komunikasi efektif dengan anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024