Salah satu implementasi Artificial Intelligence (AI) yang dapat mendukung penulisan karya ilmiah adalah ChatGPT. Penggunaan prompt pada ChatGPT dengan teknik yang baik dan efektif mampu menghasilkan tulisan yang memiliki nilai ilmiah. Guru bertanggung jawab untuk mengevaluasi pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), namun sering kesulitan ketika menyampaikan hasil PTK dalam tulisan ilmiah. Hal serupa juga terjadi pada guru-guru di SMAN 1 Tangerang Selatan. Oleh karena itu, tim dosen pengabdian mengadakan pelatihan peningkatan kualitas profesionalisme guru dengan menggunakan ChatGPT dalam penulisan karya ilmiah berbasis PTK. Dalam kegiatan ini, guru dibimbing mulai dari penulisan hingga pengiriman ke jurnal ilmiah. Pelatihan dilakukan dengan membentuk kelompok kecil dan menerapkan metode hybrid (online dan offline). Hasil kuesioner menunjukkan bahwa sebelum pelatihan, 57% peserta belum mengenal ChatGPT dan 24% belum pernah melakukan PTK. Namun, setelah pelatihan, 97% peserta merasa ChatGPT membantu dalam penulisan karya ilmiah dan 100% berkomitmen untuk melaksanakan PTK demi peningkatan hasil pembelajaran.
Copyrights © 2024