DedikasiMU: Journal of Community Service
Vol 6 No 4 (2024): Desember

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PERLINDUNGAN DIRI PADA ANAK ATAS KASUS KEKERASAN SEKSUAL DI KB DAN RA PERMATA HATI JEBRES

Sugiarto, Catur (Unknown)
Suryanadi, Pram (Unknown)
Suryandari, Retno Tanding (Unknown)
Auliarahman, Lutfi (Unknown)
Oktaviana, Anggerka Harum (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Masa anak usia dini merupakan masa keemasan dimana di masa ini otak anak mengalami perkembangan paling cepat. Pada masa ini anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terkait sesuatu sehingga jenjang pendidikan pertama harus dilaksanakan dengan baik dan benar. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman anak adalah edukasi dengan pendekatan holistik dalam memberikan pendidikan perlindungan diri bagi anak usia dini. Pendidikan perlindungan diri dilakukan untuk mencegah kekerasan seksual yang terjadi pada anak. Sasaran utama kekerasan seksual sering terjadi pada makhluk polos dan lugu yang dilakukan oleh oknum untuk berbuat jahat. Anak-anak merupakan makhluk polos dan lugu sehingga pembelajaran mengenai perlindungan diri pada anak sangat penting. Metode pembelajaran dilakukan dengan perpaduan sosialisasi, dongeng cerita, dan media mewarnai objek anggota tubuh serta menggandeng pihak ketiga yaitu Ksatria Anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan holistik mampu meningkatkan pemahaman anak-anak tentang batasan pribadi, langkah-langkah untuk melindungi diri, serta membantu orang tua dalam membimbing anak-anak terkait keamanan pribadi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dedikasimu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Electrical & Electronics Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal DedikasiMU merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang mewadai hasil pengabdian dosen, praktisi atau mahasiswa kepada masyarakat yang menerapkan model ataupun konsep dalam bidang pendidikan, teknik, kesehatan, psikologi, sosiologi, hukum, pertanian, ekonomi dan keagamaan yang bertujuan ...