Pendidikan anak usia dini adalah suatu hal yang paling mendasar, pada masa ini sering disebut juga masa periode emas (Golden Age). Salah satu penunjang agar proses pembelajaran anak usia dini berlangsung secara efektif adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terdapat beberapa peserta didik yang malas atau tidak bersemangat saat melakukan kegiatan yang berkaitan dalam mengembangkan motorik kasar pada anak. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana mengembangkan keterampilan motorik kasar anak dan peran guru dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui bermain egrang batok kelapa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional egrang batok kelapa. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah anak-anak sangat antusias dalam bermain permainan batok kelapa, karna prmainan ini juga merupakan sebuah permainan tradisional yang sangat menarik dan salah satu manfaatnya yaitu dapat mengembangkan motorik kasar anak. Dengan adanya permainan ini sangat membantu guru dalam mengembangkan keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun melalui bermain egrang batok kelapa.
Copyrights © 2024