Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MEKANIKA REKAYASA II

Harmansyah, Harmansyah (Unknown)
Zola, Prima (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dasari oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Mekanika Rekayasa II dan ketidakefektifan metode pengajaran yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) guna meningkatkan capaian akademik mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol nonequivalent, dengan melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2023 pada semester ganjil tahun akademik 2024, sementara uji instrumen dilakukan pada 23 mahasiswa angkatan 2022. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dengan 26 soal pilihan ganda, lalu dianalisis menggunakan uji statistik Mann-Whitney U-test. Hasil analisis menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,001, lebih kecil dari α 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya secara signifikan mempengaruhi peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Mekanika Rekayasa II

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...