Proses penilaian di sekolah saat ini lebih fokus pada aspek pengetahuan daripada aspek keterampilan proses sains sehingga belum sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes keterampilan proses sains pada topik kesetimbangan kimia menggunakan model Rasch. Terdapat enam aspek yang akan diukur pada tes KPS ini sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka yaitu mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan memilih metode, memproses, menganalisis, data dan informasi, mengevaluasi dan refleksi, serta mengomunikasikan hasil. Instrumen ini terdidri dari 18 soal pilihan ganda yang telah divalidasi oleh lima orang ahli. Hasil validitas logis dianalisis menggunakan program Minifac dan diperoleh penilaian ahli (exact agreements) sebesar 94,9% dan jika dibandingkan dengan penilaian yang diharapkan pada model Rasch (expected agreement) sebesar 94,5% sehingga soal yang telah dirancang dapat dikatakan valid secara logis. Data hasil uji coba kepada peserta didik dianalisis menggunakan model Rasch melalui program Ministep menunjukkan hasil yang sesuai untuk setiap butir soal karena memenuhi kriteria nilai outfit MNSQ, ZSTD, dan Pt Mean Corr. Nilai reliabilitas yang diperoleh sebesar 0,88 yang termasuk kriteria bagus. Empat klasifikasi butir soal yaitu sangat sulit, sulit, mudah, dan sangat mudah diperoleh dari nilai indeks kesukaran dan daya beda soal.
Copyrights © 2025