Resiliensi matematis adalah kemampuan afektif yang harus dimiliki peserta didik untuk bertahan dalam menghadapi dan mengatasi masalah di dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan metode Research Development (R&D) dan melewati serangkaian pengumpulan data: 1) perencanaan; 2) pengembangan instrumen; 3) validasi teoritik; 4) uji lapangan; 5) validasi empiris; 6) analisis instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas konstruk instrumen resiliensi matematis peserta didik menggunakan Rasch Model. Responden pada penelitian ini sebanyak 400 peserta didik SMA di Bekasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan metode Rasch Model dengan aplikasi Winstep versi 3.73. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 27 item butir yang valid dan nilai Cronbach’s Alpha sebagai respresentasi dari interaksi antara person dengan keseluruhan item sebesar 0,83 tergolong dalam kategori baik. Nilai Person Reliability sebesar 0,80 tergolong cukup dan nilai sebesar 0,99 sebagai nilai Item Reliability. Oleh karena itu, instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat resiliensi matematis peserta didik dengan layak dan kredibel.
Copyrights © 2025