Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11 No 3 (2024): TARBIYAH WA TA'LIM November 2024

Argumentative Reasoning in Tafsir Learning at Islamic Boarding in South Kalimantan

Barni, Mahyuddin (Unknown)
Wahyuddin, Wahyuddin (Unknown)
Ilmi, Fajrul (Unknown)
Hudaya, Hairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pembelajaran tafsir, dasar-dasar argumentasi, pendekatan, model, metode, implikasi, dan relevansi argumentasi tafsir di Pondok Pesantren Rasyidiyah-Khalidiyah, Ibnul Amin, Darul Hijrah, dan Darussalam. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari pengajar tafsir di pondok-pondok pesantren tersebut. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengajar tafsir adalah lulusan pondok pesantren yang melanjutkan ke S1 dan S2, menggunakan metode terjemah, ceramah, dan langsung; 2) Dasar-dasar argumen meliputi rujukan argumen (Tafsir al-Jalalayn, Shafwah Tafaasir, al-Tafsiir al-Madrasiy), kaidah-kaidah argumen (kesederhanaan, koherensi, komprehensif), dan validitas argumen (tidak terukur dengan baik); 3) Pendekatan argumen yang digunakan adalah analogi, reduktio, dan dialektik, dengan model bertolak dari premis mayor naqliyah dan premis minor dari silogisme; 4) Metode argumen meliputi metode persamaan (method of agreement), metode perbedaan (method of difference), dan metode persamaan-perbedaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Tarbiyawat

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tarbiyah Wa Talim provides scientific article of education that developed in attendance through the article publications, book reviews, original research report, reviews, and scientific commentaries in Islamic education. Tarbiyah wa Talim encompasses research articles, original research report, ...