Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa : Journal Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Vol. 4 No. 3 (2024): Desember KAPASA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERKELOMPOK STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X.A SMAN 4 TORAJA UTARA

Anwar (Unknown)
Cakrawijaya, Muh.Hidayat (Unknown)
Munandar, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing dengan menggunakan kaki bagian dalam melalui metode berkelompok pada permainan sepak bola siswa kelas X.A SMA Negeri 4 Toraja Utara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini digunakan selama dua siklus yang tiap siklus terdiri 3 pertemuan. Menggunakan prosedur penelitian yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.A SMA Negeri 4 Toraja Utara. Yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tes evaluasi dan dokumentasi, sedangkan pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. ABSTRACT This study aimed to determine the improvement in learning outcomes of passing by using the inside of the foot through group methods in football games of X.A class students of SMA Negeri 4 Toraja Utara. The approach used a quantitative approach with the type of classroom action research (PTK) this study used for two cycles, each cycle consisting of 3 meetings. The research procedures consist of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were X.A class students of SMA Negeri 4 Toraja Utara. Totalling was 30 students. The instruments used in the study were observation and documentation, while the data collection techniques used observation techniques, test techniques, and documentation.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kapasa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

KAPASA adalah singkatan dari Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa disingkat “Kapasa” merupakan Jurnal Publikasi Ilmiah berkala dengan pendekatan Interdisipliner bidang ilmu yaitu Pendidikan , Sosial dan Humaniora. Sub-sub ketiga bidang ilmu tersebut meliputi pendidikan dalam Program Studi ...