Jurnal Abdidas
Vol. 5 No. 6 (2024): Desember

Meningkatkan Interaksi dan Evaluasi Pembelajaran dengan Quizizz: Kuis Interaktif untuk Guru Masa Depan

Irsan, Irsan (Unknown)
Syamsurijal, Syamsurijal (Unknown)
Suarti, Suarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pendidikan yang membutuhkan inovasi sesuai perkembangan teknologi. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa PGSD Semester V Universitas Muhammadiyah Buton dalam menggunakan platform Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran interaktif. Kegiatan dilaksanakan melalui pelatihan daring selama dua hari dengan total 16 jam menggunakan platform Zoom Meeting dan Google Classroom. Metode yang digunakan adalah participatory training dengan empat tahap utama: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, dan evaluasi program. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam berbagai aspek: pemahaman fitur dasar (90%), pembuatan soal interaktif (85%), manajemen kelas virtual (88%), dan analisis data evaluasi (82%). Keberhasilan program ditunjukkan dengan 90% peserta mampu menghasilkan set evaluasi pembelajaran lengkap. Program ini berkontribusi dalam mempersiapkan calon guru SD yang kompeten dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran berbasis teknologi di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...