Jurnal Abdidas
Vol. 5 No. 6 (2024): Desember

Program Peningkatan Empati untuk Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa Sekolah Dasar

Munawaroh, Eem (Unknown)
Saraswati, Sinta (Unknown)
Tyas, Dewi Nilam (Unknown)
Nusantara, Boby Ardhian (Unknown)
Arinata, Firdian Setiya (Unknown)
Karyono, Karyono (Unknown)
Rahmah, Farah Aida Fitrotur (Unknown)
Husnunnida, Arina (Unknown)
Africa, Hafidzanita First (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Meningkatnya kasus kekerasan atau bullying selama tahun 2023 semakin marak terjadi pada anak-anak di Indonesia. KPAI mencatat sebanyak 2.355 kasus pelanggaran yang masuk sebagai laporan kekerasan anak hingga Agustus 2023. Dalam fenomena bullying, salah satu karakteristik pelakunya adalah memiliki empati yang rendah terhadap para korban (Rigby, 2002). Program peningkatan empati merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam membantu siswa meningkatkan empati yang memberikan pengaruh terhadap kasus bullying. Pengabdian ini memberikan program untuk melatih empati pada siswa SD Negeri Batursari 6 kabupaten Demak, dengan manfaat dan hasil yang signifikan untuk meningkatkan empati siswa, sehingga dapat mencegah terjadinya korban-korban yang ditimbulkan akibat perilaku bullying. Program pelatihan ini diikuti oleh kelas 5 SD Negeri Batursari 6 yang berjumlah 58 siswa didampingi masing-masing guru kelas dan kepala sekolah. Terdapat perbedaan yang signifikan pemberian pelatihan pada siswa SD Negeri Batursari 6 Kabupaten Demak. Siswa berpartisipasi secara aktif terutama dalam sesi materi dan simulasi bersama dengan fasilitator, hal ini merupakan pembentuk sikap kesadaran dan responsif siswa dengan teman-temannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...