Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas III SDN Semarangan 1 melalui penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran seperti video animasi dan simulasi memiliki kontribusi positif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peserta didik menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi termasuk partisipasi aktif dalam diskusi kelas dan keinginan untuk memahami konsep-konsep IPA yang kompleks. Selain itu, hasil pengamatan menunjukkan bahwa penggunaan media memberikan peserta didik akses ke lingkungan belajar yang lebih menarik dan dinamis. Peserta didik yang diwawancarai mengatakan bahwa ketika media belajar digunakan, peserta didik merasa lebih senang dan lebih terdorong untuk belajar. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran di kelas III SDN Semarangan 1 berdampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.
Copyrights © 2024