Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2024): November 2024

UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 1 KARANGNANAS

Janah, Siti Nur (Unknown)
Faridli, Efi Miftah (Unknown)
Soimah, Soimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Kesadaran lingkungan peserta didik akhir ini sedang menurun serta rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS tentang pengolahan sampah. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas V B SD Negeri 1 Karangnanas dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil survei berupa kuesioner pada siklus  II pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian diperoleh dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada pra siklus terdapat 33% yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 42%. Pada siklus II meningkat menjadi 92% dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 76,8. Data dari kuesioner kesadaran lingkungan di awal pembelajaran dan akhir pembelajaran pada siklus II, prosentase kenaikan 22%. Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project-based Learning dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dan hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran IPAS. Kata kunci : Kesadaran lingkungan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran PjBL, Pembelajaran IPAS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendikdas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan ...