Pengelolaan pembelajaran merupakan komponen kunci dalam membentuk kedisiplinan siswa yang merupakan salah satu indikator penting keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan manajemen pembelajaran dapat meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen seperti peraturan sekolah dan laporan kehadiran siswa. Analisis tematik digunakan untuk mengeksplorasi pola dan tema utama yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran dan kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan peraturan kelas yang jelas, konsistensi pelaksanaan, dan penguatan positif seperti penghargaan atas perilaku yang baik berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Pengamatan menunjukkan bahwa siswa lebih patuh terhadap peraturan, lebih fokus, dan kecil kemungkinannya untuk melanggar peraturan. Namun, faktor-faktor seperti latar belakang keluarga merupakan tantangan yang memerlukan pendekatan individual. Penelitian ini menegaskan pentingnya pengelolaan pembelajaran yang terstruktur, humanis dan berorientasi pada pembentukan karakter dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menunjang kedisiplinan siswa secara berkelanjutan.
Copyrights © 2025