Pendidikan modern saat ini menghadapi tantangan yang semakin berat, seiring dengan kemajuan teknologi, perubahan sosial, dan meningkatnya harapan terhadap kualitas pembelajaran. Salah satu aspek penting saat ini adalah fungsi manajemen pembelajaran, yang berperan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Perkembangan siswa tidak hanya terbatas pada aspek kognitif, tetapi juga mencakup aspek sosial. Di mana sikap empati pada siswa kini mulai menurun dan dikenal sebagai perilaku antisosial. Berdasarkan pembahasan, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meneliti bagaimana fungsi manajemen pembelajaran dalam menghadapi perkembangan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian pustaka, yaitu meninjau berbagai karya referensi dan hasil penelitian serupa sebelumnya. Penelitian ini berfokus pada empat tema utama, yaitu: pemahaman tentang perkembangan sosial, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial siswa, peran manajemen pembelajaran dalam meningkatkan pengawasan sosial siswa, dan strategi untuk meningkatkan perkembangan sosial siswa.
Copyrights © 2024