Supervisi akademik merupakan salah satu tugas kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas guru dan pembelajaran di kelas. Guru memegang peranan penting dalam memengaruhi kualitas pembelajaran dan pendidikan sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan rapor Pendidikan tahun 2024, kualitas pembelajaran di SD Negeri Tlogomojo mengalami penurunan 7,99% dari tahun 2023 sehingga diperlukan refleksi dan perbaikan dalam pembelajaran. Untuk memperbaiki kinerja guru, maka sekolah harus melakukan pembinaan (coaching) agar kualitas pembelajaran di sekolah bisa dilakukan dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan coaching pada guru dalam melaksanakan pembelajaran di SD Negeri Tlogomojo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Sekolah pada dua siklus (siklus I-coaching-siklus II). Subjek penelitian adalah 8 guru di SD Negeri Tlogomojo (6 guru kelas dan 2 guru mapel). Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi setelah dilakukan coaching, diketahui bahwa terdapat perubahan yang positif kinerja guru yang dapat dilihat dari peningkatan aspek-aspek penilaian secara keseluruhan yaitu dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup ketika pembelajaran dalam kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan berkontribusi dalam peningkatan kinerja guru di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024