Journal of Community Service
Vol 6 No 2 (2024): JCS, December 2024

SINERGI MANAJEMEN KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN UMKM KULINER: STUDI KASUS ZET & CHICI

laynita sari (Unknown)
Renil Septiano (Unknown)
Mike Kusuma Dewi (Unknown)
Dewi Zulvia (Unknown)
Lusiana, Lusiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi besar dalam perekonomian Indonesia, khususnya di sektor kuliner. Namun, banyak UMKM menghadapi kendala dalam mengelola keuangan dan menerapkan strategi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak sinergi antara manajemen keuangan dan digital marketing dalam pengembangan UMKM “Zet & Chici,” sebuah bisnis makanan ringan yang didirikan pada tahun 1991 oleh Ibu Zet dan kini dikelola bersama dengan anaknya, Chici, sebagai generasi penerus. Pemanfaatan pendekatan pelatihan manajemen keuangan dan pemasaran digital, penelitian ini menemukan adanya peningkatan efisiensi keuangan dan peningkatan jangkauan pasar. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi UMKM dalam mengintegrasikan keuangan dan pemasaran digital untuk memajukan usaha mereka di era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JCS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Community Service (JCS) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of community service. Investigated the education, science and technology, soio-economy and bussiness, and cultural & society. Besides focusing on the service of studies issues of basic education, JCS ...