Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 3 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

MENGGUNAKAN TEKNIK DIGITAL STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN LITERASI

Saputri, Zhaima (Unknown)
Martiza, Sharla (Unknown)
Idris, Al Dewiyana Muhammad (Unknown)
Viratama, Ika Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Latar Belakang: Digital Storytelling (DST) telah menjadi metode inovatif dalam pembelajaran bahasa kedua, terutama dalam meningkatkan keterampilan berbicara, literasi digital, dan motivasi siswa. Tujuan: Penelitian ini memberikan gambaran menyeluruh tentang manfaat dan tantangan DST serta menawarkan wawasan praktis untuk meningkatkan implementasinya. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur melalui konsep keilmuan yang menganalisa tentang penggunaan teknik storytelling dalam pembelajaran bahasa untuk meningkatkan keterampilan literasi dengan menggunakan instrument penelitian terdahulu. Hasil: DST memberikan ruang bagi siswa untuk mengungkapkan identitas dan pengalaman hidup mereka. Namun, implementasi DST menghadapi tantangan, seperti integrasi dengan kurikulum dan keterbatasan akses teknologi. Studi ini juga menyoroti pentingnya pelatihan guru dan pendekatan yang inklusif untuk memastikan penerapan DST yang efektif dalam konteks pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...