Jurnal Ilmiah Kepesantrenan
Vol. 2 No. 02 (2024): July - December 2024

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN PENGUASAAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs DARUL ULUM KEMBANG KUNING

Norhalimah (Unknown)
Ahmad Khalidi (Unknown)
Zam Zam Rasyidi (Unknown)
Dony Ahmad Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2004

Abstract

Siswa-siswa MTs Darul Ulum mengalami kesulitan pada pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam hal menguasai materi pembelajaran bahasa Arab. Sebagaimana hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru bahasa Arab di MTs Darul Ulum bahwasannya kesulitan tersebut timbul dari beberapa faktor, diantaranya yaitu latar belakang sekolah lulusan siswa, siswa belum mampu membaca tulisan Arab, dan kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan upaya guru bahasa Arab agar siswa mampu menguasai materi pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan penguasaan materi pembelajaran bahasa Arab bagi siswa di MTs Darul Ulum Kembang Kuning Amuntai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis fenomenologis. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengatasi kesulitan penguasaan materi pembelajaran bahasa Arab bagi siswa di MTs Darul Ulum adalah: mengadakan kelas tambahan membaca Qur’an, menggunakan metode pembelajaran yang beragam seperti metode bernyanyi dan permainan tebak siapa aku, menggunakan media atau alat peraga, memberikan motivasi dan apresiasi serta mengadakan program remedial

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almahad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

It is designed to be a useful source of information for readers interested in learning about various aspects of education in ...