Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 15 No 1 (2025)

Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence

Kurniahtunnisa (Unknown)
Manuel, Maria Yasinta (Unknown)
Aini, Mellyatul (Unknown)
Agustina, Tika Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengalaman siswa dalam menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menulis dan menyelesaikan tugas rumah, persepsi mereka terhadap dampak AI dalam tugas akademik, serta sikap siswa terhadap kebijakan sekolah terkait teknologi ini. Dengan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei menggunakan angket dari 72 siswa yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 88,9% siswa telah menggunakan alat AI seperti ChatGPT, Gemini, dan Canva dalam menyelesaikan tugas mereka, dengan ChatGPT sebagai yang paling populer (94,4%), diikuti oleh Gemini (70,8%) dan Canva (51,4%). Sebagian besar siswa merasa AI membantu mereka dalam menyusun esai dan menyelesaikan tugas rumah, tetapi terdapat variasi signifikan dalam tingkat kepuasan mereka terhadap jawaban AI. Sekitar 63,9% siswa menyatakan jawaban AI kadang-kadang memuaskan, sementara 26,4% siswa merasa bahwa jawaban AI sering memuaskan. Hanya 2,8% siswa yang merasa selalu puas, sementara 6,9% lainnya menyatakan jarang puas. Hasil ini mengindikasikan bahwa meskipun AI dapat membantu dalam konteks akademik, ada keterbatasan dalam akurasi dan relevansi jawaban yang diberikan, yang berpotensi tidak sepenuhnya memenuhi ekspektasi siswa dalam konteks pendidikan. Selain itu, persepsi siswa terhadap kebijakan sekolah terkait penggunaan AI menunjukkan adanya kebutuhan untuk regulasi yang jelas dan berimbang, sehingga teknologi AI dapat dimanfaatkan secara efektif tanpa mengorbankan integritas akademik. Temuan ini memberikan kontribusi baru dengan menawarkan pemahaman spesifik mengenai cara siswa menggunakan AI dalam tugas akademik sehari-hari serta persepsi mereka terhadap kebijakan terkait. Penelitian ini juga menekankan pentingnya literasi AI di kalangan siswa dan mengusulkan agar institusi pendidikan merumuskan kebijakan yang tidak hanya membatasi, tetapi juga mendidik siswa tentang penggunaan AI yang bertanggung jawab dan etis, mendukung pembelajaran berkelanjutan dalam era digital. Kata Kunci: Kecerdasan Buatan, Integritas Akademik, Persepsi Siswa, Kebijakan Sekolah terkait Penggunaan AI

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...