BENING
Vol 11, No 2 (2024): NOVEMBER 2024

PENGARUH STRESS KERJA, KARAKTERISTIK PEKERJAAN, KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Kristiyani, Kristiyani (Unknown)
Ismail, Harries Arizonia (Unknown)
Sukristanta, Sukristanta (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh stress kerja, karakteristik pekerjaan, kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan (Studi pada PT Apparel One Indonesia Semarang Bagian Product Development. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Apparel One Indonesia Semarang Bagian Product Development yang berjumlah 88 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 88 responden. Di dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus sampling (sampling jenuh) teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Kemudian metode pengumpulan data melalui kuosioner dan analisa data menggunakan SPSS 25 yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji R2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas, yaitu stress kerja, karakteristik pekerjaan, kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) secara parsial maupun stimultan (bersama-sama). Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,737 yang artinya 73,7 persen variabel kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel stress kerja, karakteristik pekerjaan, budaya organisasi dan kepemimpinan sedangkan sisanya sebesar 26,3 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

beningjournal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal BENING mempublikasikan artikel ilmih hasil penelitian yang belum dipublikasi dimanapun dan focus pada bidang ilmu Manajemen dan bidang ilmu yang relevan seperti pemasaran, kepemimpinan, managemen keunagan dan bidang ilmu yang relevan lainnya. ...