Pembelajaran Al-Qur'an sering kali membuat anak-anak merasa kesulitan dan bosan. Di Rumah Qur'an Qolbun Salim, terdapat beberapa anak yang mengalami hambatan dalam membaca Al-Qur'an. Metode Al-Birru diharapkan menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peningkatan yang dicapai dalam membaca Al-Qur'an melalui penerapan metode Al-Birru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Al-Birru mampu memberikan peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an. Dengan pendekatan yang sederhana, terstruktur, dan menyenangkan, peserta didik dapat lebih cepat mengenali huruf, tanda baca, dan intonasi. Hal ini membuat pembelajaran lebih interaktif dan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an.
Copyrights © 2025