Tujuan pendidikan anak usia dini adalah mempersiapkan anak untuk menempuh jenjang pendidikan berikutnya. Penelitian ini meneliti peran kecerdasan buatan (AI) sebagai media pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini (PAUD), yang memiliki signifikansi dalam membangun dasar perkembangan anak secara menyeluruh. sesuai perkembangan pesat pada aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, bahasa, serta moral anak, studi ini meneliti pemanfaatan kecerdasan sintesis (AI) buat membangun lingkungan belajar yg adaptif, interaktif, serta responsif terhadap kebutuhan individual anak. Penelitian ini menerapkan metode analisis naratif dengan pendekatan kualitatif terhadap berbagai artikel ilmiah, serta melibatkan pandangan asal pengajar, orang tua, serta anak-anak di lingkungan pendidikan anak usia dini (PAUD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI efektif dalam menyediakan pembelajaran personal, yang memungkinkan pengaturan tingkat kesulitan dan konten sesuai kebutuhan anak, mendukung keterampilan sosial dan meningkatkan motivasi belajar. Media seperti Kecerdasan Buatan (AI) dalam proses pembelajaran mencakup berbagai bentuk yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi atau materi ajar, serta berperan dalam merangsang pemikiran, perasaan, perhatian, dan kompetensi siswa dalam rangka mendukung proses pembelajaran yang dipandu oleh pengajar. Dengan demikian, penggunaan animasi atau media lainnya sebagai sarana pembelajaran dapat memberikan manfaat dalam cara pengajaran yang dilakukan oleh guru.
Copyrights © 2024