Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 4 No. 3 (2024): Artikel riset Periode Nopember 2024

Analisis Strategi Riset Pemasaran Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM Pasar Yaahowu Kota Gunungsitoli

Flavia Idawati Gea (Unknown)
Nov Elhan Gea (Unknown)
Eliagus Telaumbanua (Unknown)
Yuterlin Zalukhu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi riset pemasaran yang dilakukan oleh UMKM di pasar Yaahowu, untuk mengetahui kendala - kendala dalam melakukan riset pemasaran dan untuk mengetahui solusi mengatasi kendala dalam melakukan riset pemasaran. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi riset pemasaran yang dilakukan oleh UMKM di pasar Yaahowu untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen yaitu dengan memenuhi dan mengetahui perilaku konsumen, kepuasan pelanggan, dan pangsa pasar. Melalui analisis atas rumusan masalah dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi riset pemasaran cenderung bersifat informal, langsung, dan berbiaya rendah. Mereka mengandalkan interaksi langsung dengan pelanggan, observasi pasar, dan analisis sederhana untuk memahami kebutuhan pasar dan meningkatkan daya saing, Adapun kendala dalam melakukan riset pemasaran di pasar Yaahowu adalah banyaknya pesaing, kurangnya dana, dan keterbatasan teknologi. Faktor eksternal seperti perubahan pasar yang cepat dan masalah privasi data juga menambah kompleksitas. Dan juga Adapun solusi mengatasi kendala dalam melakukan riset pemasaran di pasar Yaahowu yaitu mereka mengandalkan interaksi langsung dengan pelanggan, observasi pasar, dan analisis sederhana untuk memahami kebutuhan pasar dan meningkatkan daya saing. Kata kunci: Strategi Riset Pemasaran dan Keputusan Pembelian Konsumen

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...