Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi riset pemasaran yang dilakukan oleh UMKM di pasar Yaahowu, untuk mengetahui kendala - kendala dalam melakukan riset pemasaran dan untuk mengetahui solusi mengatasi kendala dalam melakukan riset pemasaran. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi riset pemasaran yang dilakukan oleh UMKM di pasar Yaahowu untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen yaitu dengan memenuhi dan mengetahui perilaku konsumen, kepuasan pelanggan, dan pangsa pasar. Melalui analisis atas rumusan masalah dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi riset pemasaran cenderung bersifat informal, langsung, dan berbiaya rendah. Mereka mengandalkan interaksi langsung dengan pelanggan, observasi pasar, dan analisis sederhana untuk memahami kebutuhan pasar dan meningkatkan daya saing, Adapun kendala dalam melakukan riset pemasaran di pasar Yaahowu adalah banyaknya pesaing, kurangnya dana, dan keterbatasan teknologi. Faktor eksternal seperti perubahan pasar yang cepat dan masalah privasi data juga menambah kompleksitas. Dan juga Adapun solusi mengatasi kendala dalam melakukan riset pemasaran di pasar Yaahowu yaitu mereka mengandalkan interaksi langsung dengan pelanggan, observasi pasar, dan analisis sederhana untuk memahami kebutuhan pasar dan meningkatkan daya saing. Kata kunci: Strategi Riset Pemasaran dan Keputusan Pembelian Konsumen
Copyrights © 2024