Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Bealjar menggunakan metode kuantitatif dengan pedekatan survei. Data diperoleh menggunakan sampel sebanyak 80 responden, kemudian dianalisis menggunakan regresi lienar berganda dengan aplikasi SPSS 20 dan 27. Hasil uji regresi linear berganda nilai koefisien X1 sebesar 0,269 (bernilai positif) artinya jika variabel Kompetensi Pedagogik meningkat satu satuan maka variabel Prestasi Belajar akan meningkat 0,269. Nilai koefisien X2 sebesar 0,499 (bernilai positif) artinya jika variabel Minat Belajar meningkat satu satuan maka variabel Prestasi Belajar akan meningkat 0,499. Nilai α (konstanta) sebesar 126,738 menyatakan apabila Kompetensi Pedagogik dan Minat Belajar bernilai kosntanta diangka 0, maka variabel Prestasi Belajar sebesar 126,738 berarti hubungan antara variabel Kompetensi Pedagogik (X1) dan variabel Minat Belajar (X2) tidak terdapat perubahan atau konsisten. Kompetensi pedagogik (X1) berpengaruh positif dan siginfikan terhadap prestasi belajar (Y), hal ini ditunjukan dengan hasil analisis uji t diperoleh thitung sebesar 10,161 > ttabel 1,664 dan signifikan 0,000 < 0,05. Minat belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y), hasil uji t diperoleh thitung sebesar 18,967 > ttabel 1,664 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Kompetensi pedagogik (X1) dan minat belajar (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar (Y), hal ini dapat dilihat nilai Fhitung sebesar 247,929 sedangkan dapat dilihat pada tabel statistik dengan tingkat signifikansi 5% dan didapat nilai F tabel = 3,12. Oleh karena itu Fhitung (247,929) > Ftabel (3,12) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan diperkuat oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 Hasil uji koefesien determinasi kompetensi pedagogik (X1) diperoleh R Square sebesar 0,238 artinya kontribusi kompetensi pedagogik (X1) mempengaruhi prestasi belajar (Y) sebesar 23,8%, dan 76,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan minat belajar (X2) diperoleh R Square sebesar 0,685 artinya kontribusi minat belajar (X2) mempengaruhi prestasi belajar (Y) sebesar 68,5%, dan 32,5% dipengaruhi variabel lain. Kompetensi pedagogik (X1) dan minat belajar (X2) mempengaruhi prestasi belajar sebesar 86,6% dengan R Square sebesar 0,866. Sedangkan 13,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini
Copyrights © 2025