JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana
Vol 4 No 2 (2024): EDISI 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN

Saragih, Alfani Yesica (Unknown)
Sijabat, Desi (Unknown)
Barus, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Pkn Di Uptd Sd Negeri 122340 Pematangsiantar. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest (Test awal-Tes akhir dimana kelompok sampel di berikan perlakuan (variabel bebas) tetapi kemampuan awal sampel diketahui terlebih dahulu melalui Pretest. Berdasarkan pemerolehan hasil penelitian dan data yang telah ada maka peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap kemampuan kognitif siswa dikelas IV UPTD SDN 122340 Pematang Siantar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan SPSS Statistic 21 diperoleh thitung = 2,499 > ttabel = 2,068 dan Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut terlihat Ha diterima itu artinya terdapat pengaruh penggunaan terdapat pengaruh model pembelajaran Mind mapping terhadap kemampuan kognitif siswa dikelas IV UPTD SDN 122340 Pematang Siantar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalrectum

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Rectum is such a publication media of scientific works produced by academics, practitioners, researchers and students who are pursuing law. This journal is managed by the Faculty of Law, Darma Agung University, in cooperation with the UDA Research and Community Service Institute (LPPM). This ...