JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana
Vol 4 No 2 (2024): EDISI 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DI KELAS VIII

Sukma, Angela Christine (Unknown)
Sidabutar, Ropinua (Unknown)
Simarmata, Gayus (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Pematangsiantar. Jenis metode eksperimen yang digunakan peneliti adalah metode Pre-Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Shot Case Study. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Pematangsiantar, yang beralamat di Jl. Medan km 4,5, Sumber Jaya, Kec. Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025. Pengaruh itu ditunjukkan melalui persamaan regresi Y = 27,174 + 0,826X. Pengaruh tersebut melalui uji-t, yaitu thitung > ttabel (11,878 > 2,048) atau p (sig.) < 0,05 (0,000 < 0,05) maka H_0 ditolak dan H_(1 ) diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Pola Bilangan kelas VIII SMP Negeri 9 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2024/2025. Sumbangan varians variabel X (model pembelajaran make a match) terhadap variabel Y (hasil belajar matematika) sebesar 83,4%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalrectum

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Rectum is such a publication media of scientific works produced by academics, practitioners, researchers and students who are pursuing law. This journal is managed by the Faculty of Law, Darma Agung University, in cooperation with the UDA Research and Community Service Institute (LPPM). This ...